DATA DIRI
Nama lengkap -- Tb.Achmad Ilham Efendi --
Tempat dan Tanggal lahir -- Jakarta, 28 Februari 1986 --
Jenis kelamin (Pria / Wanita) -- Pria --
Alamat saat ini -- Jl.Pluis Palmerah No.56 Rt/Rw 09/005 Kec.Grogol Utara, Kebayoran Lama--
Nomor telepon rumah -- 083899336008--
Nomor telepon seluler -- 085771188978 --
E-mail -- tb.achmadilhamefendi@Gmail.com --
Pendidikan terakhir
(SD/setara, SMP/setara, SMA/setara, Diploma/D1/D3, Sarjana/S1/S2/S3) -- SMA --
Status
(Studi, Karyawan, PNS, Wirausaha, Freelance, Belum bekerja)
(*)Jika anda Karyawan atau PNS, tambahkan informasi mengenai perusahaan atau instansinya -- wirausahaan --
Sertifikat keterampilan atau pelatihan yang dimiliki (berkaitan dengan bisnis anda, atau dengan kewirausahaan)
Bulan Tahun Jenis, dan (Penyelenggara)
-- ketik di sini -- -- ketik di sini -- -- ketik di sini --
-- ketik di sini -- -- ketik di sini -- -- ketik di sini --
-- ketik di sini -- -- ketik di sini -- -- ketik di sini --
-- ketik di sini -- -- ketik di sini -- -- ketik di sini --
IDE DASAR
Judul Proposal Bisnis
-- PROPOSAL USAHA MAKANAN RINGAN,KRIPIK PISANG DAN OPAK GOYANG LIDAH
Latar Belakang anda untuk memilih bisnis ini, serta Gambaran Singkat bisnis tersebut (maks. 150 kata).
-- BAB I
PENDAHULUAN
A.Latar belakang
Kondisi ekonomi di jaman sekarang sedang dalam keadaan krisis ekonomi, krisis ekonomi yang sedang terjadi pada saat ini sangat berpengaruh pada segi kehidupan ekonomi masyarakat, sehingga masyarakat sangat kesulitan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, sehingga mengakibatkan rendahnya kehidupan ekonomi masyarakat dan itu sangat memprihatinkan.
Selain itu dimana produksi perusahaan - perusahaan besar pun ikut menurun, banyak pula perusahaan - perusahaan yang berhenti berproduksi karena perusahaan tersebut juga tidak bisa lagi memproduksi dalam jumlah besar dan perusahaan banyak yang mengalami gulung tikar / kebangkrutan sehingga mengakibatkan penghentian karyawan - karyawan / yang lazim disebut phk (pemutusan hubungan kerja) sehingga menambah angka pengangguran dimana - mana semakin banyak dan khususnya di daerah saya sendiri karena sulitnya untuk mencari pekerjaan lagi.
Mengingat pentingnya perubahan ekonomi masyarakat di jaman sekarang ini, maka masyaraka di tuntut agar lebih semangat dan berusaha lagi untuk mencapai suatu pekerjaan dan mengalami perubahan yang lebih baik demi memenuhi kehidupan sendiri, keluarga, maupun untuk membantu orang lain yang mengalami kesusahan. Bukan hanya faktor tersebut saja melainkan juga masyarakat sekarang ini harus lebih kreatif lagi dalam mencari pekerjaan.
Lingkungan saya merupakan daerah yang agraris, masih banyak lahan pertanian dan lahan pertanian tersebut banyak digunakan untuk menanam pohon pisang karena kondisi tanah tersebut sangat cocok sekali untuk penanaman pohon pisang, namun pisang bukanlah kebutuhan pokok di daerah saya maka ketika mereka panen mereka kebingungan akan menjual pisang ini kemana, saya semakin prihatin dengan kondisi seperti itu, karena itu merupakan satu - satunya lahan pertanian yang bisa mereka jadikan sebagai mata pencahariannya.
Dengan melihat kondisi seperti itu saya akan membuat sebuah usaha yang pastinya dapat membantu kesulitan - kesulitan yang sedang terjadi di daerah saya yaitu dengan membantu masyarakat yang mempunyai lahan pertanian pohon pisang dan singkong yang di olah menjadi keripik dan opak,dan makanan perdesaan yang terlupakan,dan juga membantu masyarakat yang tidak mempunyai pekerjaan. Saya akan membuat keripik pisang, dengan seperti itu para petani yang menanam pohon pisang tidak akan lagi kebingungan untuk menjual hasil panennya dan dengan saya membuat keripik pisang ini saya juga dapat menarik tenaga kerja sehingga angka pengangguran dapat berkurang.
Pada saat ini banyak orang yang serba ingin praktis dalam makanan. Maka dari itu saya akan membuat keripik pisang ini dengan pembuatan yang berbeda agar orang yang menyukai makanan ini tidak merasa bosan karena banyaknya kalangan masyarakat yang menyukai cemilan ini, maka saya akan berusaha memberikan kualitas dan mutu yang baik yang harganya relatif murah bagi semua kalangan masyarakat.--
Apakah bisnis yang diajukan ini berupa Ide / Konsep, atau Sudah berjalan / Direalisasikan (maks. 2 tahun).
·1 Ide / Konsep atau
·2 Sudah berjalan / Direalisasikan
(*) Jika berupa Ide / Konsep, perhatikan
‘Catatan Hak Cipta’ seperti yang dinyatakan
di halaman 8 Proposal ini -- Sudah berjalan namun terkendala dalam permodalan dan saat ini sedang merintis untuk bisa berkembang untuk lebih baik lagi --
Jika bisnis ini sudah direalisasikan, jelaskan bagaimana kondisi / status saat ini, dan apa posisi anda di dalam organisasi bisnis
--Saat ini membutuhkan permodalan/suntikan dana,saya selaku penggerak dan pemilik/owner dalam ke pemilikan usaha opak goyang lidah yang saat ini beralamatkan di blog :
http://opakglo.blogspot.com/
http://opakgoyanglidah.blogspot.com/
http://www.ini-dia.web.id/
--
Pilih kategori yang sesuai untuk bidang usaha / bisnis anda, -- Kuliner --
Energi
Industri Agro
Industri Kreatif, atau Teknologi Informasi
Industri Proses / Manufaktur
Kuliner
Parawisata
Perdagangan lainnya, atau Jasa lainnya
Teknologi Hijau / Daur Ulang
KARAKTER BISNIS
Produk / Jasa
Jelaskan dengan rinci mengenai Produk / Jasa yang bisnis anda tawarkan.
-- B. Alasan
Pisang dan singkong merupakan tumbuhan tropis yang biasa hidup di dataran rendah maupun di dataran tinggi. Sehingga banyak terdapat di berbagai daerah dan mudah mendapatkannya. Keripik pisang dan opak merupakan salah satu makanan jajanan yang sangat disukai oleh masyarakat.
Cara pembuatannya sangat sederhana dan mudah dikerjakan oleh siapa pun.
Dari pemahaman akan dunia usaha,sangat diharapkan produk yang sebaiknya dihasilkan untuk dapat bersaing dan diterima oleh kalangan masyarakat.
Oleh karena itu,saya lebih memilih usaha untuk pengolahan keripik pisang dan opak goyang lidah.
Karena usaha ini terbilang mudah dan cepat di terima oleh masyarakat. Karena keripik pisang dan opak terbuat dari bahan baku yang sama, sudah tidak asing lagi menjadi makanan ringan yang gurih dan enak ini di kalangan masyarakat, sehingga orang pun tak akan bosan untuk terus mencoba keripik pisang dan opak goyang lidah yang di beri rasa dengan kualitas makanan ringan moderen.Dari produk keripik pisang dan opak ini, saya akan menjamin kualitas produk ini. Dari kualitas ini saya dapat melihat bagus atau tidaknya keberhasilan dalam pengenalan wirausaha dari produk ini.
Nantinya produk yang dihasilkan dapat menjadi produk yang berkembang dalam lingkungan masyarakat.
Bukan hanya itu saja,saya juga melihat bahwa dalam proses pembuatan keripik pisang dan opak ini sangatlah mudah maka semua kalangan masyarakat pasti bisa membuatnya,dengan seperti itu saya tidak akan kesulitan dalam mencari tenaga kerja untuk membantu saya dalam proses pembuatan keripik pisang ini.
Karena pisang dan singkong merupakan bahan utuma dalam pembuatan keripik pisang dan opak ini maka saya akan memilih kualitas dan mutu pisang yang baik,mutu singkong yang baik. Dalam pembuatannya pun mudah dan sederhana sehingga tidak mengurangi kualitas dan mutu produk.Selain itu juga saya akan melakukan pengemasan pada keripik pisang yang sudah di produksi dengan kemasan yang sederhana tetapi tidak mengurangi nilai dan rasa dari keripik pisang ini dan opak yang saya produksi ini. Keripik pisang dan opak dapat menjadi salah satu alternanif makanan ringan yang praktis, dan hemat untuk saat yang lama karena sangat mudah dan murah. --
Apa yang menyebabkan Produk / Jasa anda ini menjadi pilihan bagi Pembeli. Jelaskan alasannya.
-- CTujuan
Adapun tujuan saya di dalam membuat usaha (makanan) ini adalah :
1. Untuk memenuhi kebutuhan ekonomi
2. Untuk menambah daya tampung tenaga kerja sehingga dapat mengurangi angka pengangguran.
3. Dapat membantu para petani yang menanam pohon pisang
4. Memasarkan produk hasil olahan kepada masyarakat sekitar
5. Memperkenalkan hasil olahan sendiri agar masyarakat mengetahui bahwa keripik pisang dan singkong bisa di olah menjadi makanan ringan yang sangat berkualitas,dan mudah dan ini mempunyai nilai cita rasa yang tinggi. --
Apa keunggulan Produk / Jasa anda ini dibanding milik Pesaing. Jelaskan alasannya.
-- Memiliki citra rasa yang khas asli dari seorang peracik yang sudah ahli di bidang masak memasak,dan memiliki rasa yang sangat berbeda dan lain dari yang lain karena mengingin kan kualitas dan mutu yang terjamin --
Apa yang disadari masih menjadi kekurangan pada Produk / Jasa anda ini. Bagaimana menyiasati kekurangan tersebut.
-- Permodalan Dan saya mencoba untuk menjaring rekan-rekan untuk bersama-sama menjalankan bisnis kecil-kecilan ini dan memiliki tingkat kemandirian yang baik --
Market (Pasar)
Jelaskan siapa target Pembeli potensial atas Produk / Jasa yang bisnis anda tawarkan. Berikan alasan dan perkiraan jumlahnya.
-- A. Target pasar
Semua proses produksi telah dilakukan, dari mulai pemilihan pisang dan singkong yang baik sampai kepada packing, kemudian yang akan saya lakukan yaitu mencari target pasar. Dalam memulai usaha apapun, maka yang harus diketahui adalah peluang pasar yang dapat menerima produk saya ini.
Target pasar sudah merupakan kunci penting dalam proses pemasaran karena pemasaran akan berjalan dengan lancar apabila sudah mendapatkan target pasar yang kita inginkan.
Sistem pemasaran saya akan mampu menganalisa keunggulan dan kelemahan pesaing saya dan sejauh mana kemampuan saya untuk bersaing dengan mereka dalam segala aspek, baik itu dari sisi harga, pelayanan maupun kualitas yang saya berikan kepada para konsumen. Saya akan mensurvei dan meneliti pesaing - pesaing saya bagaimana caranya membuat keripik pisang dan opak ini agar berbeda dengan keripik pisang dan opak lainnya yang sudah beredar di pasaran. Bukan hanya rasanya saja yang berbeda namun saya akan membuat keripik pisang dan opak ini berbeda dari segi packing, dan cara pemasarannya juga, yang pasti akan lebih unik dari pada yang lainnya, dengan seperti itu para konsumen tidak akan mengalami yang namanya kejenuhan dalam mengkonsumsi makanan ini.
Saya akan menjual keripik pisang dan opak ini di tempat yang cukup ramai, yang banyak dikenal dan dilalui banyak orang, dengan seperti itu maka keripik dan opak saya ini akan lebih cepat dikenal banyak lapisan masyarakat.
B.Promosi
Promosi makanan yang cepat laku adalah pada tempat ramai seperti pasar, sekolah, kampus, kantor, itu adalah tempat yang paling strategis untuk mempromosikan barang dagangan. Berikut ini adalah beberapa cara promosi makanan yang akan saya lakukan :
1.Pertama adalah lewat brosur, cara ini cukup efektif untuk memperkenalkan makanan yang saya jual, biasanya makanan sampai di konsumen melalui pesan antar atau sering disebut delivery.
2.Melakukan penjualan langsung, cara ini lumayan efektif karena langsung bertemu dengan pembelinya dan bisa langsung promosikan makanan yang di jual.
3.Melalui internet cara ini efektif walau tak semua orang memakai internet tapi cara ini cukup memberikan informasi yang lebih kepada orang karena saat ini orang banyak membuka internet seperti facebook, twetter, yahoo, google dan lain - lain, tak ada salahnya bila dicoba contohnya saja di website saya:
http://opakglo.blogspot.com/
http://opakgoyanglidah.blogspot.com/
http://www.ini-dia.web.id/
4.Melalui iklan radio, cara ini cukup lumayan walau tak ada gambar visual yang dapat terlihat tapi setidaknya pesannya dapat tersampaikan kepada masyarakat. --
Sebutkan dan jelaskan beberapa Pesaing bisnis anda di target Pembeli yang sama. Apa yang mereka lakukan dan tawarkan.
-- cukup banyak di dalam dunia makan ringan tetapi yang seperti yang saya saya rasa cuma saya seorang dan mereka juga menjual barang langsung melalui tengkulak/Pemborong besar --
Strategi Penjualan (Marketing)
Apakah Produk / Jasa anda ini dijual langsung kepada Pembeli, atau dijual melalui pihak lain. Jelaskan pilihan anda, dan bagaimana itu dilakukan.
-- B.Promosi
Promosi makanan yang cepat laku adalah pada tempat ramai seperti pasar, sekolah, kampus, kantor, itu adalah tempat yang paling strategis untuk mempromosikan barang dagangan. Berikut ini adalah beberapa cara promosi makanan yang akan saya lakukan :
1.Pertama adalah lewat brosur, cara ini cukup efektif untuk memperkenalkan makanan yang saya jual, biasanya makanan sampai di konsumen melalui pesan antar atau sering disebut delivery.
2.Melakukan penjualan langsung, cara ini lumayan efektif karena langsung bertemu dengan pembelinya dan bisa langsung promosikan makanan yang di jual.
3.Melalui internet cara ini efektif walau tak semua orang memakai internet tapi cara ini cukup memberikan informasi yang lebih kepada orang karena saat ini orang banyak membuka internet seperti facebook, twetter, yahoo, google dan lain - lain, tak ada salahnya bila dicoba contohnya saja di website saya:
http://opakglo.blogspot.com/
http://opakgoyanglidah.blogspot.com/
http://www.ini-dia.web.id/
4.Melalui iklan radio, cara ini cukup lumayan walau tak ada gambar visual yang dapat terlihat tapi setidaknya pesannya dapat tersampaikan kepada masyarakat. --
Uraikan Promosi yang digunakan untuk memperkenalkan Produk / Jasa anda ini kepada
calon Pembeli.
-- kulitas yang tidak berbeda jauh dengan makanan supermarket,dan sangat mudah di jumpai dan harga yang relatif murah--
Apa strategi khusus lain yang
anda miliki untuk menang dalam persaingan, sehingga dapat bertahan dalam bisnis ini.
-- Tujuan
Adapun tujuan saya di dalam membuat usaha (makanan) ini adalah :
1. Untuk memenuhi kebutuhan ekonomi
2. Untuk menambah daya tampung tenaga kerja sehingga dapat mengurangi angka pengangguran.
3. Dapat membantu para petani yang menanam pohon pisang dan singkong di perkampungan
4. Memasarkan produk hasil olahan kepada masyarakat sekitar
5. Memperkenalkan hasil olahan sendiri agar masyarakat mengetahui bahwa keripik pisang dan singkong ini mempunyai nilai cita rasa yang tinggi. --
Bagi bisnis yang sudah berjalan, kegagalan apa yang pernah anda alami dalam Strategi Penjualan
-- Permodalan Dan lokasi yang menggunakan tempat usaha yang tidak pasti --
RENCANA KEUANGAN
A. Bagi bisnis yang berupa Ide / Konsep
Berapa perkiraan nilai dana yang dibutuhkan untuk mulai menjalankan Ide / Konsep bisnis anda ini, Rp. 25,000,000,00
Uraikan rencana peruntukan / kegunaan dari dana tersebut di atas, serta alasan kebutuhannya:
Peruntukan Jumlah
--Sewa tempat -- pertahun Rp. 11,000,000,00
-- Bahan baku pisang dan singkong -- Rp.5,000,000,00
--Alat-Alat -- Rp. 2,000,000,00
--Pelastik Kemasan yang sudah di sablon --
-- Biyaya Transportasi kekota-- Rp.5,000,000,00
Rp.2,000,000,00
B. Bagi bisnis yang Sudah berjalan / Direalisasikan
Berapa total nilai Penjualan (omzet) yang pernah anda peroleh dalam kurun waktu (1 Bulan):
·1 Enam (6) bulan terakhir, Rp. 35,000,000,00
·2 Satu (1) tahun terakhir, Rp. 420,000,000,00
(*) Jika memungkinkan, lengkapi dengan bukti formal yang dimiliki
Berapa perkiraan nilai dana yang masih dibutuhkan untuk mengembangkan bisnis anda ini, dalam waktu satu (1) tahun ke depan, Rp. 30,000,000,00
Uraikan rencana peruntukan / kegunaan dari dana tersebut di atas, serta alasan kebutuhannya:
Peruntukan Jumlah
-- ketik di sini -- Rp.
-- ketik di sini -- Rp.
-- ketik di sini -- Rp.
-- ketik di sini -- Rp.
Apakah anda sudah pernah mendapatkan pendanaan bisnis sebelumnya?. Jika ‘YA’,
·3 Nilai dana yang diterima Rp.
·4 Waktu penerimaan, dan sumber dana -- ketik di sini --
·5 Apakah pemberi dana mempunyai posisi atau pengaruh di dalam bisnis ini -- ketik di sini --
C. Proyeksi Arus Kas ( xRp. 1.000)
Tahun I
(.......bln.) Operasi Tahun II
(.......bln.) Operasi Tahun III
(.......bln.) Operasi
Pendapatan total dari Penjualan (omzet) -- ketik di sini -- -- ketik di sini -- -- ketik di sini --
Pengeluaran Operasional, termasuk biaya bahan baku, biaya produksi, dan biaya tetap lainnya (*)
(*) lengkapi jika data tersedia -- ketik di sini -- -- ketik di sini -- -- ketik di sini --
Keuntungan / Laba (sebelum pajak-pajak) -- ketik di sini -- -- ketik di sini -- -- ketik di sini --
Berapa harga jual per satuan Produk / Jasa yang anda tawarkan (jika anda punya beberapa produk / jasa,
cantumkan hanya satu yang paling banyak ditawarkan), Rp.
PENGALAMAN KOMPETISI
Kompetisi Kewirausahaan yang pernah diikuti (bila ada, dan cukup sampai 5 kompetisi terakhir)
Bulan Tahun Nama Kompetisi Penyelenggara Kota Hasil
-- ketik di sini -- -- ketik di sini -- -- ketik di sini -- -- ketik di sini -- -- ketik di sini -- -- ketik di sini --
-- ketik di sini -- -- ketik di sini -- -- ketik di sini -- -- ketik di sini -- -- ketik di sini -- -- ketik di sini --
-- ketik di sini -- -- ketik di sini -- -- ketik di sini -- -- ketik di sini -- -- ketik di sini -- -- ketik di sini --
-- ketik di sini -- -- ketik di sini -- -- ketik di sini -- -- ketik di sini -- -- ketik di sini -- -- ketik di sini --
-- ketik di sini -- -- ketik di sini -- -- ketik di sini -- -- ketik di sini -- -- ketik di sini -- -- ketik di sini --
Apakah Proposal Bisnis yang diajukan ini pernah diikutsertakan pada Kompetisi Kewirausahaan di atas?,
·6 ‘YA’ atau ‘TIDAK’ -- ketik di sini --
Bagaimana / dari mana anda memperoleh informasi kegiatan Kompetisi sekarang ini -- ketik di sini --
KELENGKAPAN TAMBAHAN
Masukkan hasil scan KTP / Passport anda,
Masukkan photo anda,
Pas photo
Photo satu badan penuh
Catatan Terhadap Hak Cipta
Orisinalitas. Semua proposal yang diikut sertakan dalam kompetisi harus orisinal dan milik sendiri serta bukan merupakan proyek atau bagian dari proses studi/perkuliahan. Bila kemudian diketahui melanggar salah satu atau beberapa hal di atas, maka peserta akan didiskualifikasi dari kompetisi ini.
Hak cipta. Pelanggaran hak cipta milik pihak ketiga sangat dilarang dan mengakibatkan peserta secara otomatis akan didiskualifikasi dari kompetisi ini. Bila ada klaim dari pihak pemegang hak cipta maka hal tersebut menjadi tanggung jawab sepenuhnya dari peserta termasuk biaya yang ditimbulkannya. Hak cipta dari ide bisnis yang diikutsertakan dalam kompetisi ini tetap menjadi hak milik peserta.
0 komentar:
Posting Komentar